View Single Post
Old 10th February 2015, 13:03
#1  
sukareview
Addict Member
sukareview is offline

Join Date: Nov 2014
Posts: 340
sukareview is a divo/divasukareview is a divo/divasukareview is a divo/divasukareview is a divo/divasukareview is a divo/divasukareview is a divo/diva

Default

Kesan pertama saat melihat judul novel ini adalah penasaran menebak apa maksud dari 5 cm tersebut. 5 cm sebuah angka yang misterius dan sangat sulit untuk menerka apa isi cerita dari novel tersebut dari judulnya. Rasa penasaran yang akhirnya membuat novel ini akhirnya dibeli olehku.



Novel ini keseluruhan bercerita tentang persahabatan 5 orang yang tak lekang dimakan waktu. 4 pria dan 1 wanita yang masing-masing memiliki karakter yang khas suatu saat jenuh akan persahabatan mereka yang terasa statis dan memutuskan untuk tidak bertemu sama sekali selama beberapa bulan agar masing-masing individu bisa mendapatkan kehidupan pribadi yang lebih bermakna dan berwarna. Setelah berjalan beberapa bulan dan kehidupan masing-masing tokoh dijalani dengan menyenangkan, mereka memutuskan untuk berkumpul dan mendaki gunung paling tinggi di pulau Jawa, yaitu gunung Semeru dan mencapai puncaknya yakni pegunungan Mahameru. Dengan menaiki kereta dari Senen menuju Semeru, salah satu tokoh mengajak serta adiknya sehingga total pendaki menjadi 6 orang. Perjalanan ke gunung Semeru diiringi dengan keindahan alam pulau Jawa dan makanan khas dari beberapa wilayah di pulau Jawa. Sampai di gunung Semeru pertualangan dalam mendaki gunung benar-benar digambarkan dengan baik oleh penulis dari keindahan danau Ranu Kumbolo sampai megahnya puncak gunung Mahameru. Persahabatan kelima orang tersebut makin merekat setelah perjalanan mendaki gunung Mahameru bahkan sampai mereka dewasa dan punya anak.

Pendeskripsian novel ini sangat baik tentang keindahan dan budaya Indonesia, khusunya pulau Jawa dan gunung Semeru. Tidak heran saking indahnya gunung Semeru membuat orang-orang yang tidak pernah mendaki gunung pun terpengaruh mendaki gunung Semeru terinspirasi dari novel ini. Sangat berbeda dengan kebanyakan novel sekarang yang menjual tema cinta, novel ini menjual tema pertualangan mendaki gunung dan persahabatan yang sangat menarik meski tersisip sedikit tema cinta didalamnya. Meskipun buku ini telah difilmkan dan filmnya sukses di pasaran, novel ini tetap layak dimiliki karena lebih detail dalam penceritaan pertualangan, keindahan, dan budaya indonesia dibandingkan filmnya.

sumber: sukareview


lihat review produk lainnya di sukareview

Last edited by sukareview; 18th February 2015 at 19:17..
Reply With Quote