SCARF Magazine Mengajak Masyarakat Indonesia Untuk
Mencintai Produk Lokal
SCARF Magazine adalah Muslimah Urban FashionMagazine yang terbit per 2 bulan dan telah menjadi bagian dari gaya hidup Muslimah di Indonesia. Saat ini, SCARF Magazine telah menemani pembaca setia, yang biasa dipanggil dengan Scarf Lover, selama 10 volume. Untuk semakin memberikan manfaat bagi Muslimah urban di Indonesia, SCARF Magazine selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan konten yang diinformasikan juga rangkaian event yang berkualitas.
Pada volume 07, SCARF Magazine telahmemasuki edisi “1st Anniversary“. Serangkaian eventdiadakan untuk merayakannya. Rangkaian ini diawali dengan pencarian designer muda, baru, dan berbakat yang dipadu dalam “The New Designer 2014“. SCARF Magazine mengadakan roadshow di lima kota besar, yaitu Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Jakarta untuk
mencari finalis yang potensial. Selain melalui roadshow, setiap designer muda ini pun dapat mengirimkan karya mereka melalui pos ataupun email. Pada akhirnya, telah terpilih 7 finalis yang akan bersaing untuk mendapatkan gelar seorang designer muda yang berbakat dari SCARF Magazine. Informasi tentang 7 finalis “The New Designer 2014“ telah diinformasikan di SCARF Magazine volume 09. Sesi penjurian dan penganugerahan Pemenang “The New Designer 2014“ akan dilangsungkan pada rangkaian penutup dari “1st Anniversary SCARF Magazine“.
Sebagai penutup dari rangkaian acara “1st Anniversary SCARF Magazine“, diadakanlah “SCARF MAGZ FEST 2014“ yang mengangkat tema ‘Local Spirit‘ di Grand Indonesialevel 5 mulai dari 17 Oktober sampai 19 Oktober 2014. Event ini sekaligus menjadi etalase IKM (Industri Kecil Menengah) Indonesia yang memiliki potensi. SCARF Magazine mengajak pemilik brand lokal dari bidang fashion Muslim, urban food, ataupun home living untuk bergabung sebagai tenant bazaar dan bersama mengajak masyarakat untuk semakin mencintai produk lokal.
Fashion Muslim tetap jadi bintang dalam “SCARF MAGZ FEST 2014“, karena 30% dari 750 ribu IKM di Indonesia adalah industri fashion Muslim. Hal ini didukung oleh pertumbuhan industri fashion Muslim sebesar 7% per tahun, dengan marketMuslimah berhijab sebanyak 20 juta orang. Perkembangan industri fashion Muslim yang kian menggeliat ini diimbangi dengan antusiasme pasar yang luar biasa. Hijab kini sudah menjadi bagian dari urban lifestyle Muslimah di Indonesia.
Selain mengajak masyarakat untuk menghargai brand lokal, “SCARF MAGZ FEST 2014“ memiliki empat core utama, yaitu Fashion, Food, Faith, dan Art. Sisi ‘Fashion‘akan diwakili oleh bazaar dari beragam local brand dan fashion show dari designer ternama. ‘Food‘ akan diwakili dengan bazaar urban light food yang ready to eat. Lalu, ‘Faith‘ akan diwakili oleh tausyiah dari Ustadz Erick Yusuf dan kegiatan charity bersama Bait Al Kamil. Dekorasi event yang menarik akan mewakili sisi ‘Art‘.
Hari pertama “SCARF MAGZ FEST 2014“, yaitu Jum’at, 17 Oktober 2014, diawali dengan talkshow dari Ainun Chomsun dengan tema “Perempuan, Bisnis, dan Teknologi“ yang mengajak Perempuan untuk mengoptimalkan teknologi dalam berbisnis. Lalu, Opening Ceremony dari “SCARF MAGZ FEST 2014“ akan dilangsungkan dengan sambutan dari Editor in Chief SCARF Magazine, Temi Sumarlin, juga dari beberapa Pejabat Pemerintah dan fashion show dari para designer. Rangkaian acara pada “SCARF MAGZ FEST 2014“ hari pertama dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustadz Erick Yusuf, Make Up Tutorial by Wardah, dan music performance dari Afida Sukma.
Hari kedua “SCARF MAGZ FEST 2014“, yaitu Sabtu, 18 Oktober 2014, diawali dengan ajakan untuk hidup sehat dengan talkshow “Healthy Life, Happy Life“ bersama Firda Khalisa dan Adetyaa dari TRF Homemade. Selanjutnya, Adetyaadari TRF Homemade akan demo membuat smoothies/simple cake yang lezat sekaligus sehat. Selain sehat, seorang Muslimah pun sebaiknya selalu memperhatikan penampilan. Oleh karena itu, Puteri Hasanah Karunia akan menjadi narasumber untuk sharing tentang “Tips & Trik Fashion“ agar penampilan Muslimah dapat semakin cantik. Talkshow selanjutnya dengan narasumber brand Dauky pun akan berbincang tentang fashion Muslim.
Hijab Hunt oleh Detik.com telah menghasilkan talenta baru di dunia fashion Muslim. Pada “SCARF MAGZ FEST 2014“, pecinta fashion akan berkesempatan untuk gathering dengan para finalis Hijab Hunt. Bukan sekedar berbagi kisah, tetapi juga berbagi pengalaman yang tidak akan terlupa. Fashion show by Wardah oleh lima designer ternama, yaitu Miss Marina, Indij, Novie Rock, Rani Hatta, dan Ayu Dyah Andari menjadi penutup dari hari kedua. Penampilan akustik dari Manik ‘La Luna‘ Prajana akan semakin membuat “SCARF MAGZ FEST 2014“ di hari kedua ini terasa manis.
Hari ketiga sekaligus hari terakhir “SCARF MAGZ FEST 2014“, yaitu Ahad, 19 Oktober 2014, dibuka dengan talkshow dari Bait Al Kamil. Selanjutnya, fashion show dari Tatuis akan semakin mencerahkan hari terakhir ini. Saqina.com, salah satu e-commercefashion Muslim di Indonesia, akan sharing dalam talkshow dengan tema “Sukses Usaha Online bersama Saqina.com“ yang mengajak untuk tidak ragu dalam memulai bisnis, terutama bisnis online. Dua narasumber untuk talkshow selanjutnya ini pun akan sangat menginspirasi dalam berbisnis. Saat “Hobi Menjadi Industri“, Lulu El Hasbu dan Dian Marina tidak akan ragu untuk berbagi, agar semakin banyak brand lokal yang mungkin saja diawali dari hobi untuk semakin dikenal dunia. “SCARF MAGZ FEST 2014“ ditutup dengan music performance dari Endah n Rhesa.
Hari terakhir “SCARF MAGZ FEST 2014“ sekaligus menjadi Malam Puncak Penganugerahan Pemenang “The New Designers 2014“. Sebelumnya, pada 18 Oktober 2014, diadakan penjurian finalis “The New Designers 2014“ di lokasi yang berbeda dari “SCARF MAGZ FEST 2014“. Sesi penjurian ini tidak terbuka untuk umum. Pada akhirnya, SCARF Magazine dapat menjadi fasilitator bagi designer muda, baru, dan berbakat. Pemenang “The New Designers 2014“ diharapkan dapat bersaing di kancah fashion Muslim Indonesia, bahkan dunia.