View Single Post
Old 12th June 2008, 16:42
#9  
bapakgede
Registered Member
bapakgede is offline

Join Date: Jun 2008
Posts: 40
bapakgede is a new comer

Default terima kasih

Terima kasih buat yang sudah urun rembug di thread ini mudah mudahan bisa rame threadnya dan banyak yang tertarik untuk membuat alat ini jadi setidak tidaknya bisa berhemat BBM rame rame. Atau paling tidak bisa buat nambah ilmu dan saling tukar pikiran.

Buat speedyrj : sudah saya praktekkan dan saya cukup puas dengan hasilnya; sudah saya pasang di mobil saya dan sangat membantu kantong pensiunan buat beli mainannya cucu-cucu saya.

Buat mbah narjo : terima kasih tawarannya mbah, sesama mbah mbah memang bagusnya ngumpul dan ngobrol bareng bareng sambil ngopi; tetapi apa daya saat ini saya sedang tidak bisa jalan jalan karena harus jaga cucu saya yang aktif banget.
Mbah narjo ada di daerah mana?
Saya usahakan untuk membuat proses pembuatan ini cukup jelas sehingga bisa diikuti cukup dari forum ini . Kebetulan saya sedang membuat block cell baru untuk teman saya jadi saya bisa lakukan dokumentasi pembuatan benar benar dari awal sampai jadi.

Buat si_sol : untuk beli stainless dengan grade tertentu memang harus di toko atau perusahaan stainless. si_sol ada di daerah mana nanti coba saya tanya koneksi saya di mana toko stainless yang terdekat di kota anda.

Mengenai altenator memang ada tambahan beban ; pada saat mesin masih dingin dan hho saya hidupkan rpm langsung drop sekitar 200 rpm tetapi sekitar 30 detik rpm langsung normal. Mungkin ECu sudah bisa menyesuaikan antara beban dan suplai bbm yang harus dialirkan ke mesin sehingga rpm kembali normal.
Pemakaian daya sangat bervariasi tergantung suhu dan ph larutan elektrolit. tetapi berdasar catatan saya bervariasi antara 10 s/d 25 amp.
Sampai saat ini tidak ada masalah sama sekali untuk proses kelistrikan dan saya rasa kedepan juga tidak karena 10 s.d 25 amp tidak lebih besar dari sound system atau ac atau lampu besar mobil kita.


sekedar info:
Yang saya baca tidak mungkin energi yang kita keluarkan menghasilkan energi yang sama atau bahkan lebih besar. Jadi jika kita mengeluarkan 10 amp listrik untuk menghidupkan hho tidak mungkin hho bisa menghasilkan daya lebih besar.
Tetapi ilmu saya belum sampai kepada proses perhitungan alih energi dari kimia ke energi mekanik apalagi kwantum jadi jika ada yang bertanya bagaimana mungkin saya tidak akan bisa menjawabnya.

Tetapi yang saya bisa jawab dan buktikan dengan yakin adalah pertanyaan
apakah hho desain diatas bisa membuat mobil lebih hemat bbm?
Saya jawab dengan yakin jelas bisa karena itu yang saya alami.
Reply With Quote